Umur Berapa Orang Jadi Galak?

28 Mar


Ada ungkapan semakin tua orang semakin galak. Tapi memang benar ada periode usia tertentu saat orang mulai menjadi galak dan semakin jarang tersenyum. Usia berapa orang jadi galak?

Banyak kejadian orangtua yang mendadak berubah galak dengan bertambahnya usia meski sebelumnya ia adalah orang yang ramah dan tidak mudah marah. Dan menurut studi terbaru, orang memang akan mudah marah saat memasuki usia 52 tahun.

Seseorang akan semakin sedikit tertawa dan tersenyum seiring dengan pertambahan usianya. Dan menurut studi yang dilakukan peneliti di Inggris, orang akan mulai menjadi pemarah saat memasuki usia 50-an tahun, khususnya di usia 52 tahun.

Berdasarkan jajak pendapat yang dilakukan pada 2.000 orang warga Inggris, seperti dilansir dari Reuters, Senin (11/10/2010), ditemukan bahwa orang yang berusia lebih dari 50 tahun jauh lebih sedikit tertawa dan lebih banyak mengeluh ketimbang partisipan lain yang usianya lebih muda.

Selain itu, usia juga ternyata menyebabkan orang kehilangan rasa humorisnya. Rata-rata partisipan di atas usia 52 tahun hanya mampu menanggapi 2 lelucon, bahkan 14 persen tak menanggapi lelucon sama sekali.

Jika dibandingkan, studi ini juga menemukan bahwa bayi dan anak-anak rata-rata bisa tertawa 300 kali sehari, remaja 6 kali sehari, orang dewasa 4 kali sehari, sedangkan bagi orang tua usia lebih dari 60 tahun hanya 2 kali tertawa dalam sehari.

Dewasa muda yang berusia di atas 20-an tahun rata-rata memang tertawa 4 kali dalam sehari. Tapi rasa humor dan kadar tertawa akan meningkat untuk sementara waktu ketika ia memiliki anak. Kenaikan rasa humor dapat terlihat ketika orang memasuki usia 30 tahun, yaitu menjadi 5 kali dalam sehari.

Tetapi ketika memasuki usia 50 tahun, rata-rata partisipan hanya mampu tertawa 3 kali dalam sehari. Rasa humornya akan semakin rendah dengan pertambahan usia dan bila dihitung maka orang akan mulai sering marah-marah saat usia 52 tahun.

Dari studi ini juga diketahui bahwa pria lebih cepat menjadi pemarah ketimbang wanita pada usia yang sama. Jika dibandingkan, pria usia 50-an tahun dua kali lebih banyak menjadi pemarah ketimbang wanita dan 4 kali lebih banyak pada usia 60-an tahun.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: