Remote Komputer Lain Dalam Jaringan Internet

6 May

Biasanya kalo dalam satu jaringan, itu kita bisa pake remote desktop ato netmeeting, tapi kalo beda jaringan, or ada IP Public n IP Privat gimana? Yang di remot IP Public or Privat? Nah, kita bisa remote/sharing desktop ke temen kita yang terhubung melalui jaringan internet walaupun beda jaringan or ISP.

Caranya pake gabungan aplikasi Hamachi n NetMeeting. Logikanya kita dihubungkan melalui jaringan virtual di Hamachi n dapet IP virtual. Nah yang kita remot tuh IP dari Hamachi itu. Daripada banyak cing-cong, mending kita langsung aja praktek:

1. Note: Kedua komputer sama-sama menjalankan NetMeeting dan Hamachi. Caranya:
2. Ketik conf di run, tekan enter
3. Klik next, masukkan isian form (sembarang) klik next
4. Check do not list my name in the directory, klik next
5. Pilih koneksi Cable, xDSL or ISDN klik next
6. Klik next next next next….
7. Klik Finish, akan kluar NetMeeting
Netmeetin
8. Download Hamachi
9. Install
10. Jalankan
11. Tunggu sampai konek n dapet IP dari Hamachi
12. Setelah dapet IP dari Hamachi, create a new network
13. Trus komputer lain yang sebagai guest, join network itu
14. Misalkan komputer yang satu, create network name: kweky, password: nguik. Komputer lain join network kweky, dengan password nguik (bingung ya? bodo, hehe…)
15. Jika sudah terhubung, akan muncul user yang aktif/yang sudah terhubung dalam jaringan kweky
Hamachi
16. Dobel klik user tersebut, atau klik kanan ping
17. Jika kita ping ada respon, berarti komputer2nya dah siap untuk di remote, hehehe…
ping pong
18. Masukkan IP lawan/kawan ke dalam address NetMeeting
19. Klik Place a call (gambar telepon)
20. Komputer lawan akan muncul Incoming call, klik Accept
21. Untuk komputer yang akan di-remote klik Tools, Sharing
22. Pilih Desktop, klik Share, klik Allow Control
23. Pada Komputer yang akan me-remote akan kluar window, dobel klik window
24. Sekarang km mengontrol komputer temen km, untuk melepaskan kontrol, klik Control, Release Control
Result
25. Selamat Menikmati..😀

Referens..
http://jangandibaca.wordpress.com/2008/04/24/nge-remote-komputer-lain-dalam-jaringan-internet/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: